Untitled Document
  Jumat , 25 September 2020 Login
Bank Transfer Konfrimasi Transfer Download
home profil berita Layanan Produk Layanan Jasa Informasi Pasar Komunitas Galery Tentang Kami
Berita > Detail Litbang
   
Untitled Document
BERITA
LITBANG
PUBLIKASI
DATA PELABUHAN
LOWONGAN KERJA
 

 

 
LITBANG RUMPUT LAUT
 
Penelitian Rumput Laut Untuk Melawan Corona, Lebih Efektif dari FDA
 
Rabu, 05 Aug 2020 - Sumber: https://www.harapanrakyat.com/ - Terbaca 11 x - Baca: Aug 10 2020    
 
Penelitian rumput laut untuk melawan Corona merupakan contoh terbaru dalam pelaksanaan strategi umpan yang dikembangkan oleh tim Rensselear.

Ekstrak dari rumput laut yang biasanya dikonsumsi oleh manusia ini pun disinyalir mampu secara efektif melawan virus Corona.

Ia mampu memblokir infeksi virus dibandingkan dengan remdesivir, yakni obat yang dipakai secara darurat oleh FDA dalam pengobatan penderita virus Corona yang parah.

Kemudian, menunjukkan jika aktivitas dari antivirus fucoidan di rumput laut cokelat mempunyai potensi mampu melawan serangan virus Corona.

Potensi tersebut memang ditunjukkan lebih tinggi melawan SAR-CoV-2 jika dibandingkan dengan obat remdesivir. Disamping itu, penelitian rumput laut untuk melawan Covid-19 yakni heparin dari pengencer darah.

Lalu ditemukan memiliki kualitas yang hampir sama dengan obat remdesivir. Dimana untuk menghambat infeksi yang terjadi di dalam sel mamalia.

Protein lonjakan di permukaan virus Corona mampu menempel di molekul permukaan sel manusia yang dinamakan reseptor ACE-2. Ketika menempel dengan baik, maka virus dapat memasukkan bahan genetiknya di dalam sel, lalu mulai melakukan proses replikasi.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan mengakui jika virus mampu dengan mudah dimanipulasi. Sehingga menempel kepada molekul umpan yang dirasa cocok yang kemudian virus itu akan terperangkap lalu dapat dinetralkan.

Dalam penelitian rumput laut untuk melawan Corona, juga menunjukkan strategi yang seperti ini mampu efektif menjebak virus lain. Virus-virus lain yang mampu terperangkap seperti demam berdarah, influenza A, dan juga Zika.

Studi tersebut menguji tentang aktivitas antivirus dengan tiga varian heparin, yakni heparin, trisulfated heparin, dan juga heparin dengan massa molekul yang rendah non antikoagulan. Kemudian juga dalam dua jenis fucoidans, yakni RPI-27 serta RPI-28.

Kedua jenis pengujian tersebut diekstraksi dari rumput laut. Sedangkan lima dari senyawa merupakan rantai panjang dari molekul gula yang juga dikenal dengan polisakarida tersulfasi.

Penelitian Ilmuwan
Para ilmuwan melakukan studi atau penelitian rumput laut untuk melawan Corona juga tentang respon dosis yakni EC50. EC50 merupakan sebuah singkatan istilah dari konsentrasi yang efektif dari senyawa yang mampu menghambat aktivitas Covid-19 hingga 50 persen.

Yang kemudian masing-masing lima senyawa tersebut terdapat dalam sel tubuh manusia. Dari penelitian dan didapat hasil dari EC50. Dimana yang diberikan konsentrasi molar menunjukkan nilai lebih tinggi rendah mempertandakan senyawa tersebut memiliki kekuatan yang lebih besar.

RPI-27 mampu menghasilkan nilai pada EC50 sebanyak 83 nanomolar. Kemudian tes remdesivir in vitro yang lebih dulu dipublikasikan independen di dalam sel manusia menghasilkan EC50 770 nanomolar.

Lalu, heparin menghasilkan sebanyak EC50 2,1 mikromolar yang berarti itu merupakan satu per tiga aktif seperti obat remdesivir. Selanjutnya, analog non aktif antikogulan heparin mampu menghasilkan sebanyak EC50 5,0 mikromolar, yakni satu perlima aktif seperti obat remdesivir.

Tes penelitian rumput laut untuk melawan Corona ini dilakukan secara terpisah. Kemudian, tak menunjukkan toksisitas seluler pada salah satu senyawa. Bahkan, konsentrasi paling tinggi pun telah dilakukan pengujian.

“Ini adalah sebuah mekanisme yang begitu rumit sehingga kami tak mengerti semua tentang detailnya. Akan tetapi, kami memperoleh lebih banyak informasi dari hal ini,” kata Jonathan Dordick, peneliti utama dan juga seorang profesor teknik kimia dan biologi di Rensselaer Polytechnic Institute.

“Kemudian satu hal yang menjelaskan jika semakin besar molekulnya, maka semakin baik tentang kecocokannya. Senyawa yang lebih berhasil yakni polisakarida tersulfasi. Ia mampu memberikan jumlah situs molekul yang besar dalam menjebak virus Corona,” imbuhnya.

Penelitian dari studi tersebut mengenali beberapa motif di struktur protein spike yang cocok dengan kompitable heparin. Kemudian menunjukkan hasil yang meningkat yakni protein lonjakan yang mengadaptasi perlindungan diri dari enzim manusia.

Sehingga penelitian rumput laut untuk melawan Corona ini dapat menurunkan dan juga mempersiapkannya dalam mengikat dengan reseptor yang khusus di permukaan sel.
 
 
 
 
 
More Litbang
 
Di Tangan Mahasiswa Unair, Rumput Laut Disulap Jadi Bata Ringan
  Senin, 21 Sep 2020-https://siedoo.com/ - Terbaca 13 x
Dosen IPB Ciptakan Garam Sehat Banyak Manfaat dari Rumput Laut
  Senin, 14 Sep 2020-https://medan.tribunnews.com/ - Terbaca 17 x
Mi Rumput Laut, Diversifikasi Produk Berpotensi Mendulang Rupiah
  Senin, 07 Sep 2020-https://bulelengkab.go.id/ - Terbaca 24 x
Peneliti UI Temukan Garam Rumput Laut yang Bisa Turunkan Hipertensi!
  Senin, 31 Aug 2020-https://www.suara.com/ - Terbaca 13 x
Biar Tetap Renyah dan Tak Bau Amis, Ini 5 Tips Memasak Rumput Laut yang Tepat
  Senin, 24 Aug 2020-https://m.kumparan.com/ - Terbaca 13 x
"Seahans" (Seaweed Handsanitizer): Inovasi Handsanitizer dari Rumput Laut di Era New Normal
  Senin, 17 Aug 2020-https://www.kompasiana.com/ - Terbaca 9 x
Burger Tuna Rumput Laut, Inovasi Menu untuk Tingkatkan Ekonomi Pesisir
  Senin, 10 Aug 2020-http://samudranesia.id/ - Terbaca 8 x
Penelitian Rumput Laut Untuk Melawan Corona, Lebih Efektif dari FDA
  Rabu, 05 Aug 2020-https://www.harapanrakyat.com/ - Terbaca 11 x
Rumput Laut bisa Dibikin Mie, KKP Bikin Pelatihannya
  Senin, 27 Jul 2020-https://edukasinewss.com/ - Terbaca 19 x
Es Rumput Laut
  Senin, 20 Jul 2020-https://cookpad.com/ - Terbaca 0 x
 
 
     
 
Untitled Document
 
 
 
 
 
Layanan Produk
 
Cara Pemesanan
Trade Data
China Study
Buku Eucheuma
Modul Pelatih
Modul Petani
Modul GMP
Peta GIS
Monograph
Buku Member
 
Layanan Jasa
 
Mitra Utama
Mitra Pelatihan
Konsultasi Online
Promosi - Buku Tamu
Pengembangan Website
Pasang Iklan
 
Team
 
Dr. Iain C. Neish
Irsyadi Siradjuddin
Boedi Julianto
Dina Saragih
Dedi Kurniadi
 
Alamat Kantor
JaSuDa Team
POSKO UKM JaSuDa
Ruko Hasanuddin Commercial Center Blok A.11
Jl. Perintis Kemerdekaan KM 09. Tamalanrea, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
 
Statistik Website
Kunjungan 500,380  Kali
Jumlah Anggota 10,244 Org
Buku Tamu / Promosi 806  lihat
Konsultasi Online 2758  lihat
 
             
 
 
PT. JARINGAN SUMBER DAYA (JaSuDa.nET)
All Rights Reserved. Created 2005, Revised 2014. Supported by Ford Foundation.
Developed by Irsyadi Siradjuddin